Orang Tua Yang Mengerti Cara Mendidik Anak Sesuai Usia

Orang Tua Yang Mengerti Cara Mendidik Anak Sesuai Usia

Pasti bagi orang tua membesarkan anak adalah pekerjaan yang sulit. Mengarahkan, membentuk karakter anak sedari kecil adalah hal yang harus dilakukan orang tua dalam parenting. Selain itu, orang tua juga pasti ingin anaknya bahagia dan jauh dari kesulitan. Namun, untuk membuat anak bahagia tentunya orang tua juga harus bahagia dulu, bukan?

Nah, jika orang tua bahagia dalam mendidik anak, tentunya orang tua akan tahu bagaimana cara mendidik anak sesuai usia. Mendidik anak memang haruslah sesuai dengan usianya agar anak tetap menjadi anak yang berkarakter dan mandiri. Lalu bagaimana cara mendidik anak yang sesuai usia tapi tetap menjadi orang tua bahagia dan damai? Ulasannya sebagai berikut!

  1. Tanggung Jawab Utama Sebagai Orang Tua

Tanggung jawab sebagai orang tua yang paling pertama adalah mendidik sang anak agar menjadi anak yang bahagia dan berkarakter baik. Selain itu, orang tua juga bertanggung jawab untuk dapat menjaga hubungan dengan anak. Menjalin hubungan yang dekat dengan anak dapat membuat anak merasa lebih bahagia. Caranya pun ada beberapa dalam mendidik anak sesuai usia si anak yaitu seperti berdongeng sebelum tidur, dan mengobrol saat mempunyai waktu bersama.

  1. Berhenti Berteriak dan Membentak Anak

Membentak dan berteriak pada anak ternyata dapat menyebabkan trauma. Lalu, setelah itu orang tua juga akan merasa bersalah. Ada beberapa cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan membentak anak, antara lain sebagai berikut:

  1. Komitmen pada diri sendiri

Membuat komitmen pada diri sendiri untuk tidak membentak dan berteriak pada anak bisa dengan berjanji dan men-sugesti diri jika akan lebih bahagia suasana rumah anda ketika anda tidak berteriak bisa menjadi salah satu caranya.

2 . Komitment Pada Keluarga

Berkomitmen dan berjanji pada keluarga untuk tidak lagi berteriak dan membentak saat berada di rumah dan saat bersama keluarga, dapat menjadi motivasi anda untuk bisa berhenti membentak anak.

3 .Berhenti Bicara

Saat anda merasa sudah kehilangan kontrol emosi kemarahan, segeralah berhenti bicara. Meskipun anda masih ingin bicara, sebaiknya anda tetap diam. Anda dapat sedikit meredam kemarahan dengan diam.

Baca Juga : Cinta dan Logika Orang Tua dalam hal mendidik anak remaja

Di atas adalah beberapa cara mendidik anak sesuai usia tapi orang tua tetap bahagia. Bagaimana? Mau mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!