Membesarkan Seorang Anak yang Mencapai dengan Sukacita dan Harga Diri

Membesarkan Seorang Anak yang Mencapai dengan Sukacita dan Harga Diri

Membesarkan anak memang haruslah dilakukan dengan sukacita. Orang tua yang bahagia akan membuat anak juga bahagia. Peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik anak yang baik dalam keluarga karena orang tua adalah tempat pendidikan paling dasar untuk anak.

Nah, untuk tahu bagaimana cara mendidik anak di dalam keluarga dengan sukacita berikut ada ulasannya. Apa saja? Mari disimak!

  1. Menjadi Contoh dan Teladan

Orang tua harusnya menjadi dan memberikan contoh yang baik bagi anak. Hal ini karena anak cenderung akan meniru perilaku dan pola hidup orang di lingkungannya terutama dalam keluarga.

  1. Membangun Komunikasi yang Baik

Salah satu cara paling bagus dalam mendidik anak yang baik dalam keluarga membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Komunikasi yang hangat seperti mengobrol dengan akrab akan membuat anak merasa seperti dihargai oleh orang tua. Selain itu, komunikasi dapat menghindari hubungan yang kurang harmonis antara orang tua dan anak karena kurangnya berinteraksi.

  1. Memberi Perhatian

Memberikan perhatian pada anak sesuai dengan perkembangan tingkah laku dan sikap anak itu penting dalam parenting. Tapi, jangan memberi perhatian yang berlebihan karena hal itu dapat menghambat anak dapat tumbuh dalam kemandirian.

  1. Memberi Penghargaan

Jika anak bersikap baik, orang tua perlu memberi penghargaan baik verbal maupun non-verbal, seperti pujian. Hal ini akan membuat anak lebih mengerti jika berbuat baik akan disukai oleh banyak orang dan anak dapat menghindari perbuatan yang buruk.

  1. Memberi Hukuman

Jika anak berbuat sesuatu atau bersikap kurang baik, orang tua juga perlu memberi hukuman. Namun jangan berlebihan, berikan hukuman yang bisa membuat anak lebih berpikir untuk berbuat tidak baik lagi. Hal ini dapat membuat anak lebih memahami jika berbuat buruk tidak disukai oleh orang lain.

  1. Memberi Contoh Kebiasaan yang Baik

Baca Juga : Memahami dan Mendidik Anak 2 tahun berperilaku Yang Berkemauan Kuat

Seperti yang dikatakan di atas, memberi contoh yang baik adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dalam keluarga. Memberi contoh kebiasaan yang baik, misalnya seperti bersikap rajin, hemat, sederhana, suka menolong dan perbuatan baik lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi anak agar berusaha untuk bersikap dan berperilaku baik seperti orang tuanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!