Memahami dan Mendidik Anak 2 tahun berperilaku Yang Berkemauan Kuat

Memahami dan Mendidik Anak 2 tahun berperilaku Yang Berkemauan Kuat

Memahami dan Mendidik Anak 2 tahun berperilaku Yang Berkemauan Kuat.

Kepribadian yang dimiliki setiap anak tentu berbeda, meskipun di usianya yang masih kecil. Anak-anak di usia antara 2 – 6 tahun biasanya menjadi anak yang keras kepala dan berkeinginan kuat. Sebagai orang tua tentunya harus memahami hal tersebut, terutama dalam mendidik anak 2 tahun yang memiliki kemauan kuat. Nah, berikut adalah ulasan tentang memahami perilaku anak yang berkemauan kuat!

  1. Kenali Faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Bekemauan Kuat

Ada beberapa faktor yang dapat membuat anak menjadi keras kepala dan berkeinginan kuat seperti meniru orang tua yang mungkin juga keras kepala, atau mungkin faktor dari lingkungan social.

  1. Alasan-Alasan Anak Menjadi Berkemauan Kuat

Anak menjadi berkemauan kuat memiliki beberapa alasan seperti anak menerima sedikit perhatian untuk sikap positifnya, anak kurang istirahat cukup, orang tua kurang konsisten dalam merespon permasalahan sikat, orang tua suka memaksa anak, dan beberapa hal lainnya.

  1. Kenali Ciri-Cirinya

Ada beberapa ciri-ciri awal menjadi berkemauan kuat yang harus orang tua ketahui, dan tentunya bisa menjadi pengetahuan parenting dalam yang penting untuk mendidik anak 2 tahun. Ciri-cirinya adalah seperti ingin melakukan segala hal sesuai kehendaknya, agresif, sering marah, dominan, argumentatif, keras kepala, menuntut perhatian terus menerus, percaya diri, temperamental, sangat sensitif dan masih banyak lainnya.

  1. Cara Menghadapi Anak Berkemauan Kuat

Anak berkemauan kuat biasanya belajar dari pengalaman, anak tidak hanya perlu diberi penjelasan dan contoh namun anak juga harus mendapat pengalaman sendiri, contohnya ketika anak bermain di tempat tinggi, orang tua tidak hanya perlu menjelaskan jika itu berbahaya namun ketika anak terjatuh barulah ia tahu jika hal itu berbahaya. Cara lainnya adalah memberi contoh, tidak cukup hanya memberi perintah dan menjelaskan, orang tua juga harus menjadi model untuk anaknya. Kemudian cara selanjutnya adalah memberi hukuman, jika anak sudah benar-benar sudah keras kepala, orang tua bisa memberi sedikit hukuman. Namun, berikan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya, jangan terlalu berlebihan.

Baca Juga : Menemukan 9 Kepribadian Parenting Anda, Apa Saja Jenisnya?

Nah, itulah beberapa hal tentang mengenali anak yang memiliki sifat berkemauan kuat. Mengenali hal-hal tersebut tentu saja penting bagi orang tua dalam mendidik anak 2 tahun karena pada masa inilah biasanya anak-anak akan menjadi sangat keras kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!