Cinta dan Logika Orang Tua dalam hal mendidik anak remaja

Cinta dan Logika Orang Tua dalam hal mendidik anak remaja

Mendidik anak remaja, membutuhkan cinta dan pengertian agar mereka selalu diterima oleh orang tua.

Parenting sangat penting dipelajari oleh orang tua karena tidak hanya untuk mendidik anak saat usia dini namun juga untuk mendidik anak remaja. Terkadang memang cukup sulit dalam parenting ke anak remaja karena pada masa-masa itu, anak remaja cenderung sedang mencari jati dirinya. Nah, berikut adalah ulasan tentang cara mendidik anak yang beranjak dewasa!

  1. Menjadi Orang Tua yang Terbuka

Orang tua bisa menjadi sosok orang tua yang terbuka dan memberi saran dengan cara yang baik dan dewasa tanpa harus marah-marah. Contohnya ketika memberitahu efek berbahaya dari alkohol, narkoba, sex dan merokok. Membicarakan hal-hal yang seperti itu dapat  membuat anak lebih bisa menjaga dirinya.

  1. Tidak Mengekang Anak

Orang tua perlu memberi kebebasan untuk anak dalam mengambil keputusan. Jangan menjadi orang tua yang terlalu mengekang dan mengontrol segala hal yang dilakukan anak, karena hal itu justru dapat membuat anak menjadi pemberontak.

  1. Bebaskan Anak Berinteraksi Sosial

Cara mendidik anak remaja lainnya adalah membebaskan anak untuk bersosialisasi. Anak remaja cenderung suka mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mereka jadi lebih senang main bersama temannya daripada untuk berdiam diri ke rumah. Jangan khawatir jika anak remaja anda seperti itu karena dengan bersosial anak menjadi mandiri, dapat mengambil keputusan saat terkena masalah dan dapat melatih tentang sikap kepemimpinan.

  1. Beri Tanggung Jawab dan Kepercayaan

Biarkan anak dalam mencoba sesuatu yang baru dan biarkan juga mereka mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Memberikan kepercayaan dan tanggung jawab dapat melatih mereka untuk lebih mandiri. Namun, meski begitu tetap beri aturan-aturan yang harsu dipatuhi olehnya.

  1. Hargai Minat, Bakat dan Pemikiran Anak 

Baca juga : Orang Tua Yang Mengerti Cara Mendidik Anak Sesuai Usia

Ada satu hal lagi dalam mendidik anak remaja yang harus diketahui orang tua, yaitu jika anak memiliki minat dan bakat dalam suatu hal coba untuk hargai. Jangan memaksakan kehendak orang tua. Terkadang jika orang tua merasa hal yang dikehendakinya benar dan tepat, anak malah justru merasa hal yang berbeda. Biasanya jika orang tua terlalu memaksa anak akan merasa tertekan atau mungkin akan melakukan hal buruk.

Hargai pendapat anak jika mereka sedang mengemukakan pendapat, hal ini dapat membuat anak lebih menghormati orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!