Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing

Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing

Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing, ada struktur proses customer engagement nya.

Sosial media kini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun juga bisa menjadi media untuk promosi dan mengembangkan bisnis. Sosial media marketing merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan sosial media. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari usaha yang dijalankan.

Saat ini dalam sosial media marketing, keterlibatan konsumen atau customer engagement semakin banyak digunakan. Dalam sosial media marketing, dijelaskan jika struktur proses engagement terjadi dari interaksi antara konsumen dan brand produk. Nah, untuk struktur prosesnya sendiri ada empat tahap, yaitu consumption, curation, creation, dan collaboration. Untuk lebih jelasnya dari empat tahap struktur proses customer engagement tersebut, berikut adalah penjelasannya!

  1. Consumption

Tahap pertama adalah konsumsi (Consumption), dalam konteks sosial media adalah seperti membaca, menonton, dan mengunduh. Konsumsi merupakan tahap paling dasar dalam semua kegiatan online, konsumen di sini dimungkinkan untuk melakukan share meskipun belum pernah mencoba atau mengkonsumsi produk. Selain itu, dengan adanya review blog, akan lebih mudah untuk konsumen lain mendapat informasi tentang produk. Kemudian biasanya dalam review blog akan link yang menyambungkan ke situs web perusahaan.

  1. Curation

Curation adalah tahap dari struktur proses customer engagement selanjutnya. Curation merupakan aktivitas memilih, menyaring, dan memberi tanggapan. Proses ini lebih bermanfaat karena dapat mendorong anggota yang lain untuk berpartisipasi menciptakan sebuah konten sederhana yang mudah dipahami oleh konsumen atau followers lain.

Baca Juga : Cara Memilih Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnis

  1. Creation

Dalam tahap ini, pelanggan yang menjadi anggota komunitas dituntut untuk mengiklankan sendiri yang mereka ciptakan. Konsumen yang menjadi anggota diharapkan dengan hati akan membagikan pengalaman tentang apa yang mereka lakukan dan bicarakan untuk sebuah merk atau produk yang juga diharapkan dapat menarik perhatian dan dapat dilihat oleh komunitas yang lebih besar.

  1. Collaboration

Tahap struktur proses customer engagement adalah collaboration atau kolaborasi. Kolaborasi merupakan hal utama dalam membangun sebuah bisnis sosial yang sesungguhnya. Kolaborasi dapat dan mungkin terjadi secara alami saat adanya peluang antara anggota komunitas. Misalnya saja saat sebuah blog memberikan informasi yang dibutuhkan oleh visitor, pemegang akun blog akan bertindak atas komentar dan saran yang disampaikan oleh visitor atau pembaca blog.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!