Bagaimana Tips Membuat Video Youtube yang Bagus untuk Marketing

Bagaimana Tips Membuat Video Youtube yang Bagus untuk Marketing

Bagaimana Tips Membuat Video Youtube yang Bagus untuk Marketing.

Youtube kini kian digandrungi, tak hanya untuk mencari informasi kini juga dijadikan media untuk mengembangkan bisnis. Youtube marketing banyak digunakan para pebisnis untuk mengiklankan dan mempromosikan produk perusahaan mereka.

Namun, bagi pengusaha pemula yang juga ingin membuat youtube marketing untuk usaha mereka haruslah tahu lebih dahulu bagaimana tips membuat video youtube marketing yang benar dan tentunya menarik. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips cara membuat video untuk youtube marketing yang menarik!

  1. Rencanakan Video

Rencanakan dulu jenis video yang akan dibuat, apakah video review, demo produk, testimonial, atau pengenalan produk.

  1. Informasi yang Akan Disampaikan

Selanjutnya, tips membuat video youtube marketing adalah menentukan informasi yang akan disampaikan. Misal jika pengenalan produk maka perlu adanya penjelasan dan gambaran tentang produk, keunggulan produk, spesifikasi produk dan hal-hal yang dibutuhkan untuk menginformasikan produk anda.

  1. Buat Video yang Informatif

Jika sudah menentukan informasi yang akan disampaikan dalam video, selanjutnya adalah membuat video yang seinformatif mungkin. Berikan informasi yang baru, jelas, dan sesuai fakta. Namun, jangan berlebihan dan memanipulasi.

  1. Buat Video yang Edukatif

Selanjutnya adalah buat video yang edukatif, yaitu video yang mengajarkan sesuatu. Seperti mengajarkan cara menggunakan produk anda, cara menyimpan produk anda, atau menjelaskan instruksi-instruksi lain dalam produk anda.

  1. Buat Video yang Menghibur dan Menarik

Membuat video untuk youtube marketing haruslah menarik, agar juga menarik perhatian pengguna youtube untuk melihat video anda. Misalnya selain informatif dan edukatif, anda juga dapat menambahkan sedikit editing gambar atau video anda agar yang menonton tidak bosan karena hanya mendengarkan dan mendapatkan informasi saja.

  1. Persiapkan dan Gunakan Alat yang Memadai untuk Membuat Video

Tips membuat video youtube marketing yang terakhir adalah mempersiapkan alat untuk membuat video yang memadai misalnya kamera, lighting, dan tripod. Lalu siapkan juga alat untuk mengedit video agar lebih menarik seperti komputer dengan beberapa software editing.

Baca Juga : Mengapa Menggunakan Youtube untuk Marketing? Inilah Alasannya!

Nah, itulah beberapa tips dalam membuat video youtube marketing yang bisa anda coba untuk mempromosikan produk anda ataupun produk perusahaan anda. Bagaimana? Mau Mencoba?

 

Aturan Sosial dalam Strategi Social Media Marketing

Aturan Sosial dalam Strategi Social Media Marketing

Aturan Sosial dalam Strategi Social Media Marketing.

Memutuskan memakai sosial media marketing sebagai salah satu cara promosi usaha dan produk haruslah memiliki sebuah strategi. Jika anda terjun ke dunia sosial media marketing tanpa rencana sebelumnya, mungkin saja anda akan dapat kesuksesan namun hanya sebentar dan anda tidak akan tahu mencapai potensi anda yang sebenarnya.

Nah, untuk itu sangat diperlukan untuk tahu strategi dalam sosial media marketing. Memang tidak mudah, namun penting untuk mengetahui aturan sosial dalam strategi sosial media. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa aturan sosial yang bisa anda ikuti!

  1. Jika tidak ingin strategi anda gagal, anda harus dapat menghubungkan antara tujuan media sosial dengan tujuan perusahaan anda.
  2. Buat pernyataan persetujuan dari sebuah sosial media marketing dan untuk semua platform media sosial anda.
  3. Tentukan siapa yang akan menjadi target untuk pemasaran produk anda dan habiskan banyak waktu untuk platform usaha anda.
  4. Aturan sosial dalam strategi sosial media selanjutnya adalah kembangkan rencana tindakan yang mengidentifikasi berapa banyak siaran, artikel di blog, dan video yang anda rencanakan untuk dipublikasikan dalam setiap bulan.
  5. Buat tujuan yang terukur untuk sosial media marketing anda, untuk mengukur kemajuan usaha anda.
  6. Evaluasi kemajuan usaha anda dan lakukan penyesuaian berdasarkan keberhasilan atau peningkatan bidang usaha anda.

Baca Juga : Mengapa Menggunakan Youtube untuk Marketing? Inilah Alasannya!

Selain mengikuti aturan-aturan di atas untuk strategi sosial marketing media, anda juga perlu tahu tentang aturan-aturan lain dalam sosial media. Berikut adalah aturan-aturan tersebut!

  1. Hindari Rasisme. Menghindari rasis dalam penggunaan sosial media terutama untuk usaha anda agar orang-orang lebih respek pada anda.
  2. Banyak mengatakan hal sederhana seperti kata “terima kasih, lalu pelajari siapa mereka sebenarnya (target), terbuka dengan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki, serta jangan memanipulasi dan berlebihan.
  3. Tetap fokus pada tujuan platform anda dibuat, dalam hal ini untuk sosial media marketing.

Nah, di atas adalah aturan sosial dalam strategi sosial media serta beberapa aturan dalam menggunakan sosial media. Menggunakan youtube sebagai platform untuk sosial media marketing memang tepat, karena youtube merupakan platform yang sangat populer saat ini dan paling banyak digunakan sebagai mesin pencarian.

Mengapa Menggunakan Youtube untuk Marketing? Inilah Alasannya!

Mengapa Menggunakan Youtube untuk Marketing? Inilah Alasannya!

Mengapa Menggunakan Youtube untuk Marketing? Inilah Alasannya!

Platform sosial media youtube kini mulai banyak digunakan sebagai salah satu alat untuk sosial media marketing. Hal ini karena dengan promosi di sosial media youtube tidak hanya menampilkan visual, namun menampilkan berupa video dan audio. Dengan adanya youtube memungkinkan untuk orang-orang mencari video, hiburan, instruksi, bahkan promosi. Oleh karena itu, youtube sekarang bisa dijadikan sebagai media promosi untuk bisnis anda.

Sebenarnya, tidak hanya hal di atas. Youtube juga memiliki peran penting lainnya jika digunakan untuk mempromosikan bisnis anda. Mau tahu apa saja? Berikut adalah alasan menggunakan youtube untuk marketing!

  1. Untuk Membuat Sebuah Otoritas Berbasis Gambar

Untuk perusahaan-perusahaan, marketing melalui video online menawarkan kesempatan baru yang belum pernah didapat sebelumnya. Menggunakan cara yang tepat dalam membuat video sehingga video marketing anda akan membantu menjadikan usaha anda sebagai suara yang otoritatif dalam suatu hal.

  1. Membentuk Platform yang Besar

Alasan menggunakan youtube untuk marketing adalah karena youtube merupakan sosial media kedua yang ada atau paling banyak diakses. Youtube dapat menguntungkan perusahaan anda untuk mendapat anggota-anggota audien yang lebih banyak dan besar. Mengunggah materi video akan membuat konsumen anda dapat melihat ide-ide usaha anda dengan lebih jelas, memberikan aura otoritas dan keahlian pada sebuah topik. Ketika anda atau perusahaan anda mengunggah video yang tepat, anda dapat menarik perhatian konsumen anda dengan memberi nilai, membangun citra perusahaan anda sebagai usaha yang baik. Itulah hal yang dapat membuat konsumen kembali terus untuk melihat, dan membantu menaikan produk anda.

  1. Membuat Popularitas

Terakhir, alasan menggunakan youtube untuk marketing adalah karena youtube tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat anda atau website usaha anda menjadi lebih popular. Youtube dapat membuat perusahaan anda mendapatkan jutaan anggota dan audien baru dalam beberapa bulan serta mendapat penonton yang banyak dalam waktu beberapa jam untuk konten video usaha anda. Di youtube, orang-orang akan melihat apa yang mereka inginkan, mungkin juga meninggalkan komen dan subscribe, dan lalu mungkin akan mencari sesuatu video yang lain.

 

Baca Juga : Aturan Sosial dalam Strategi Social Media Marketing

Cara Memilih Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnis

Cara Memilih Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnis

Cara Memilih Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnis.

Sosial media marketing semakin maju dan banyak digunakan saat ini. Hal itu karena dengan promosi dan iklan dengan menggunakan sosial media akan lebih sedikit mengeluarkan biaya daripada cara promosi lainnya. Namun, pada kenyataannya orang yang melakukan bisnis dan promosi melalui media sosial tidak banyak bertahan lama atau mungkin hanya hitungan bulan. Hal ini karena sosial media marketing masih cukup sulit untuk menarik perhatian calon customer.

Nah, maka dari itu perlu adanya strategi yang cocok, termasuk dalam memilih sosial media yang akan digunakan untuk bisnis. Di artikel ini akan membahas beberapa cara memilih sosial media untuk bisnis agar dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan lagi bisnis anda. Berikut adalah cara-caranya!

  1. Pilih Platform Media Sosial yang Sesuai dengan Bisnis

Pilihlah sosial media yang dapat menampilkan berbagai informasi tentang produk dalam bisnis anda. Misalnya saja Instagram, dengan menggunakan sosial media satu ini anda dapat menampilkan gambar atau visual yang menarik serta memberi informasi tentang produk atau merk anda.

  1. Tentukan Target Audiens dari Bisnis

Salah satu cara memilih sosial media untuk bisnis yang cukup penting adalah memilih target audiens atau customer yang menjadi sasaran dari pemasaran produk anda. Apakah target tersebut berusia remaja, pebisnis yang memiliki jaringan yang profesional atau bahkan orang-orang yang berada di luar negara. Dengan sudah menentukan target audiens akan lebih mudah untuk menentukan sosial media mana yang akan anda gunakan untuk berbisnis. Misalnya saja jika target anda adalah anak berusia remaja, anda dapat menggunakan media sosial jaman sekarang seperti Instagram, youtube, dan tumblr yang biasanya dimiliki oleh anak seusia itu.

  1. Membuat strategi Pada Konten

Ketika sudah menentukan media sosial yang digunakan untuk berbisnis, cara selanjutnya adalah membuat strategi untuk konten anda. Strategi untuk konten ini bertujuan utama agar target audiens anda membeli produk di perusahaan, dan mengetahui informasi tentang produk yang ditawarkan. Buatlah konten semenarik mungkin untuk menarik perhatian dari audiens sasaran anda.

Baca Juga : Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing

Itulah beberapa cara yang bisa menjadi pertimbangan anda. Sosial media marketing memanglah membutuhkan sosial media yang tepat agar produk lebih cepat untuk dipasarkan dan bisnis berkembang lebih cepat.

Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing

Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing

Tahapan Customer Engagement untuk Sosial Media Marketing, ada struktur proses customer engagement nya.

Sosial media kini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun juga bisa menjadi media untuk promosi dan mengembangkan bisnis. Sosial media marketing merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan sosial media. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari usaha yang dijalankan.

Saat ini dalam sosial media marketing, keterlibatan konsumen atau customer engagement semakin banyak digunakan. Dalam sosial media marketing, dijelaskan jika struktur proses engagement terjadi dari interaksi antara konsumen dan brand produk. Nah, untuk struktur prosesnya sendiri ada empat tahap, yaitu consumption, curation, creation, dan collaboration. Untuk lebih jelasnya dari empat tahap struktur proses customer engagement tersebut, berikut adalah penjelasannya!

  1. Consumption

Tahap pertama adalah konsumsi (Consumption), dalam konteks sosial media adalah seperti membaca, menonton, dan mengunduh. Konsumsi merupakan tahap paling dasar dalam semua kegiatan online, konsumen di sini dimungkinkan untuk melakukan share meskipun belum pernah mencoba atau mengkonsumsi produk. Selain itu, dengan adanya review blog, akan lebih mudah untuk konsumen lain mendapat informasi tentang produk. Kemudian biasanya dalam review blog akan link yang menyambungkan ke situs web perusahaan.

  1. Curation

Curation adalah tahap dari struktur proses customer engagement selanjutnya. Curation merupakan aktivitas memilih, menyaring, dan memberi tanggapan. Proses ini lebih bermanfaat karena dapat mendorong anggota yang lain untuk berpartisipasi menciptakan sebuah konten sederhana yang mudah dipahami oleh konsumen atau followers lain.

Baca Juga : Cara Memilih Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnis

  1. Creation

Dalam tahap ini, pelanggan yang menjadi anggota komunitas dituntut untuk mengiklankan sendiri yang mereka ciptakan. Konsumen yang menjadi anggota diharapkan dengan hati akan membagikan pengalaman tentang apa yang mereka lakukan dan bicarakan untuk sebuah merk atau produk yang juga diharapkan dapat menarik perhatian dan dapat dilihat oleh komunitas yang lebih besar.

  1. Collaboration

Tahap struktur proses customer engagement adalah collaboration atau kolaborasi. Kolaborasi merupakan hal utama dalam membangun sebuah bisnis sosial yang sesungguhnya. Kolaborasi dapat dan mungkin terjadi secara alami saat adanya peluang antara anggota komunitas. Misalnya saja saat sebuah blog memberikan informasi yang dibutuhkan oleh visitor, pemegang akun blog akan bertindak atas komentar dan saran yang disampaikan oleh visitor atau pembaca blog.

 

error: Content is protected !!